Artikel-Artikel Chating

Dewasa ini kemajuan teknologi semakin pesat. Hingga sekarang ada layanan yang digunakan untuk mengobrol lewat tulisan ataupun webcam secara langsung. Hal ini sanagt mendukung untuk menjalin kedekatan bersama keluarga, pacar, bahkan sahabat apabila mereka tidak dalam satu wilayah tempat tinggal kita. Berikut ini adalah artikel-artikel dari beberapa macam fasilitas yang bisa digunakan untuk chating. 

Cara chatting di yahoo messenger menggunakan web

Mungkin ada diantara teman-teman yang terkadang ke warnet tetapi di komputer warnet yang anda tempati tidak ada software yahoo messenger, atau saat itu software YM-nya bermasalah. Maka salahsatu cara agar anda bisa chat dengan teman anda maka anda bisa menggunakan layanan chat via web yahoo messenger.

Kelemahan dari chat di yahoo messenger melalui web, adalah:

  1. anda hanya bisa chat dengan teman-teman yan terdaftar di contact (list messenger) anda
  2. Emotion, audible, dan toolbar customize lainnya tidak muncul
  3. Kecepatan loadingnya lebih lambat dibanding jika menggunakan software Yahoo messenger masalah sign in error jarang terjadi dll
  4. Keuntungannya:Jika menggunakan software yang terinstall di komputer:
    1. Chatting di yahoo messenger anda bisa join ke room dan bebas mencari teman /user yang ada di chat room untuk diajak chating
    2. masalah sign in error saat login terkadang terjadi dll

Persamaannya adalah keduanya merupakan layanan chat (chatting) gratis. Sebagai catatan: masing-masing punya kelemahan dan kelebihan.
Untuk mencoba chat melalui web bisa gunakan link yahoo messenger via web

Selain di situs resmi yahoo messenger, anda juga bisa menggunakan layanan chat gratis via web menggunakan meebo. ada bebrapa pilihan instan messenger seperti: yahoo messenger, msn (windows live messenger), gtalk, icg, dan kawan-kawannya. Saya hanya pernah mencoba YMnya saja (anda boleh mencoba yang lainnya).
Untuk menggunakannya anda cukup memasukkan ID account anda, jika menggunakan YM masukkan ID Yahoo dan passwordnya, setelah login akan muncul daftar kontak, double klik user yang ada, akan muncul kotak untuk mengetik pesan, untuk mengirimnya cukup tekan enter.

Untuk mencoba chat melalui web bisa gunakan link berikut :meebo Selain layanan chat via web di atas, masih banyak lagi situs yang menyediakan layanan chat, untuk melihatnya bisa klik disini web based messenger Atau bisa juga melakukan chatting di yahoo messenger dengan banyak id yahoo secara bersamaan (multi id yahoo messenger)

Cara chatting (chat) di facebook

Buat teman menanyakan tentang cara chatting di facebook, bisa melihat postingan cara chatting di fb ini sebagai jawabannya . Untuk lebih detail, bisa melihat panduan chatting di bawah ini yang telah saya lengkapi dengan gambar agar lebih mudah mengikuti panduannya. Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan di facebook adalah fasilitas chatting  bar facebook. Tetapi sebelum membahas lebih lanjut tentang cara chatting terlebih dahulu  saya memberikan perbandingan antara cara chatting di yahoo messenger dan cara chatting di facebook

a. Chatting di yahoo messenger (panduan chatting di yahoo)

banyak fasilitas tambahan seperti audible (gambar animasi yang lucu dan disertai suaraisa melihat) , emoticon /emotion ikon atau versi indonesia mungkin icon yang imut (gambar kepala kartun) , environment (mengubah background window/tampilan YM), video chat, dll
-Bisa memilih teman chatting yang belum terdaftar di contact/list yahoo messenger

b. Chatting di Facebook (panduan chatting di facebook)

–          hanya bisa chatting dengan teman yang sudah terdaftar sebagai friend

–          tombol emoticons facebook belum ada jadi harus mengetiknya di kotak teks

–          aplikasi chat-nya tidak ada iklannya, jadi agak ringan loadingnya

Chatting di facebook dan chatting di yahoo messenger, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Dalam postingan ini kita akan membahas panduan chatting di facebook, untuk panduan chatting yahoo messenger, bisa dilihat disini cara chatting di yahoo
Selanjutnya kita mulai saja belajar cara chatting di facebook (chat di fb)

  1. Login ke account facebook . Di bagian bawah sebelah kanan layar komputer ada panel chat bar Klik/ double klik pada obrolan(angka 5 menandakan ada 5 teman anda yang online)
  2.  Klik nama teman yang akan anda ajak chat ,
  3.  Setelah terbuka kotak chat seperti di bawah ini. Di bagian bawah ada kotak teks (lihat panah) anda bisa ketik pesan (untuk mengirimnya tekan enter)
    Mudah-mudan panduan chatting di atas bisa membantu menjawab pertanyaan teman-teman tentang cara chat, semoga bisa belajar chatting di facebook. Dan bisa dapat banyak teman dari facebook

Cara Chatting Menggunakan Skype

Posted by http://www.abadipurwadaksina.com on Wednesday, November 11, 2009 Under: Aplikasi

Setelah anda mendownload Skype lalu menginstal Skype dan tahu cara menjalankan Skype sekarang akan dibahas bagaimana cara chating di Skype. Cara menjankan Skype untuk chating juga mudah saja, tinggal ikuti cara-cara berikut ini :

1. Jalankan program Skype, lalu Sign In

2. Masukan teman anda di Skype agar bisa berchating ria. Klik New -> New Contact

3. Untuk memasukan teman anda di Skype anda bisa memasukan Skype Name atau Nama Lengkap atau juga Email teman anda tersebut

Kemudian klik Find

4. Setelah itu akan muncul pilihan, pilihannya bisa satu atau banyak. Kalau lebih dari satu pilihan pastikan klik teman anda yang menurut anda benar. Lalu klik Add contatct

5. Pada langkah ini anda bisa mengirim pesan agar teman anda anda tersebut mengetahui bahwa anda yang mengundang jadi temannya di Skype (isi pesannya di linkaran merah no.1). Lalu klik Send

6. Selamat anda telah berhasil! dan tinggal menunggu teman anda tersebut menyetujui (accept) anda jadi temannya, Lalu Klik Close untuk menutup.

7.  Setelah mengundan teman anda di Skype otomatis teman anda akan muncul di Contacts Skype

Status teman anda masih bergambar seperti ini :  karena dia belum mengijinkan anda menjadi temannya.
Apabila teman anda sudah online gambar statusnya akan berubah menjadi seperti ini :

Digsby Messenger Terbaru

Inilah saat yang tepat untuk beralih pada layanan Digsby Messenger Terbaru. Digsby yang resmi dirilis pada tahun 2007 ini, memiliki fasilitas yang jauh lebih lengkap dibanding layanan messenger lainnya. Dengan antarmuka sederhana –mirip Pidgin- dan fasilitas notifikasi email yang akan selalu memberitahukan kabar dan berita terbaru, menjadikan Digsby Messenger Terbaru begitu istimewa.  Dengan sekali login, anda akan langsung terhubung pada beberapa akun yang anda miliki pada layanan YM, Gtalk, Facebook, Twitter yang notifikasinya tetap akan anda dapatkan pada email anda. Tak hanya itu, Digsby Messenger Terbaru juga dilengkapi dengan adanya fasilitas Auto Response yang memberitahukan anda, siapa saja teman anda yang sedang Online walaupun dalam keadaan invisible.

Keunggulan Digsby Messenger Terbaru :

  1. Memori kecil. Digsby hanya menggunakan memori sebesar 31Mb, bandingkan dengan Yahoo Messenger 9 (dan versi sebelumnya) menggunakan lebih dari 80Mb (walaupun untuk YM 10 hanya menggunakan 35Mb )
  2. PopUp. layanan yang akan memberitahukan anda siapa saja yang sedang Login untuk Online dan Logout, Update statsu jejaring sosial/ status messenger-nya.
  3. Multi Login. anda memiliki beberapa akun messenger dan social network seperti YM, Gmail, Ymail,ICQ, atau facebook? dengan fasilitas ini anda dapat terhubung secara langsung dan bersamaan pada semua akun yang anda miliki.
  4. Theme Skin. Anda tak lagi harus bosan dengan tampilan yang itu-itu saja. Faslitas ini memberikan layanan terbaik anda untuk mengubah theme, messenger Style, Emoticon, Style secara bebas.
  5. Notification. Adanya pemberitahuan (notifikasi) pada email yang memberitahukan anda akan adanya perubahan/ berita terbaru yang masuk ke setiap akun anda miliki. tak lagi harus membukanya satu-per-satu karena semua laporan akan anda terima langsung pada email anda
  6. Tanpa Iklan. dengan menggunakan Digsby Messenger Terbaru anda tak harus berurusan lagi dengan iklan yang menjengkelkan seperti pada Yahoo Messenger.
  7. GRATIS

Kekurangan Digsby Messenger Terbaru :

  1. Proses Instalasi yang memakan waktu cukup lama dan membutuhkan koneksi internet yang stabil.
  2. Startup yang cukup lama. terutama pada proses Looding awal
  3. Tidak sesuainya emoticon yang dikirimkan dengan yang diterima oleh teman netter lainnya
  4. Ketika akan masuk pada  faslitas chat facebook kita harus melakukan registrasi dahulu Bottom of

     

    Cara chatting (chat) di Pidgin


    Pidgin merupakan salah satu perangkat lunak Instant Messaging berbasis Open Source yang di lisensikan di bawah bendera GNU/GPLV2. Kelebihan dari program ini adalah dapat mendukung multi-protokol IM, yang artinya program ini mampu bekerja dengan berbagai IM protokol, antara lain : AIM, Bonjour, Gadu-Gadu, Google Talk, Groupwise, ICQ, IRC, MSN, MySpaceIM, QQ, SILC, SIMPLE, Sametime, XMPP, Yahoo!, Zephyr dan Facebook. Dengan hanya menggunakan Pidgin, Anda dapat membuka beberapa account IM yang berbeda sekaligus, tanpa harus mendownload lagi program seperti GoogleTalk atau Yahoo Messenger. Sekarang penulis akan menunjukkan bagaimana caranya menggunakan Pidgin untuk mengakses account Yahoo Messenger (YM).

Catatan : Distro Linux yang dipakai penulis adalah Ubuntu 9.04 dimana pada distro tersebut, Pidgin sudah disertakan sebagai default program untuk Instant Messanging. sehingga tidak perlu lagi kita menginstallnya.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Pidgin melalui Menu: Applications -> Internet -> Pidgin Internet Messenger
  • Kemudian pada jendela Account Pidgin, klik tombol Add.
  • Lalu, pada jendela Add Account pilih protocol Internet Messanging yang akan digunakan, dalam praktek ini kita akan menggunakan protocol Yahoo.
  • Masukkan username YM. Lanjutkan dengan memilih tombol Add.
  • Kemudian masukkan password YM.
  • Setelah itu kita akan masuk ke dalam login account YM. Jika sebelumnya di aplikasi Yahoo Messenger kita pernah Add ID YM seseorang, maka ID terbsebut akan tampil di jendela utama Pidgin apabila sedang Online.

Jika kita ingin gabung ke dalam sebuah room, klik menu Tools -> Room List

  • Pada jendela Room List, pilih tombol Get List untuk menampilkan daftar dari room yang tersedia berdasarkan kategorinya masing-masing.
  • Pilih kategori room yang ingin Anda gabung. Dalam praktek ini, penulis masuk ke room Bali:12 yang berada di kategori Regional -> Indonesia -> Bali. Kemudian pilih tombol Join.
  • Setelah itu akan tampil jendela yang menampilkan link untuk melakukan verifikasi room. Klik saja link tersebut.
  • Lalu akan tampil halaman Chat Room Verification dari Browser Anda. Masukkan kode yang tampil ke dalam kotak verifikasi (lihat gambar), kemudian klik tombol Submit.

    Jika kode yang Anda masukkan itu benar, maka akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini:

Kemudian, pada room yang dipilih tersebut akan tampil ID YM kita berserta ID orang lain yang sedang online.

  • Untuk melakukan aktifitas chatting, kita hanya perlu meng-klik dua kali ID yang tersedia pada room tersebut.
  • Jika ingin logout, pada jendela utama Pidgin, pilih menu Accounts -> (ID_Anda) -> Disable

Semoga tutorial ini bermanfaat….